Rabu, 02 Januari 2013

MK Sistem Informasi Manajemen

,

1.    Pengertian Sistem menurut para ahli
- “Sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan , berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran yang tertentu”.(Jogiyanto,2005,1).
- “Sistem adalah tatanan yang menggambarkan adanya rangkaian berbagai komponen yang memiliki hubungan serta tujuan bersama secara serasi, terkoordinasi yang bekerja atau berjalan dalam jangka waktu tertentu dan terencana”. (Umar Fahmi Achmad).
- Sistem adalah elemen-elemen yang saling berhubungan membentuk satu kesatuan atau organisasi. (Menurut Webster's Unabridged)
- Sistem adalah susunan yang berfungsi dan bergerak; suatu cabang ilmu niscaya mempunyai objeknya, dan objek yang menjadi sasaran itu umumnya dibatasi. Sehubungan dengan itu, maka setiap ilmu lazimnya mulai dengan merumuskan suatu batasan (definisi) perihal apa yang hendak dijadikan objek studinya. (Koentjaraningrat)

Kesimpulan :
Dari beberapa literatur menurut saya system adalah bagian-bagian atau elemen-elemen yang saling berhubungan dan terkoordinasi untuk membentuk suatu kesatuan yang terpadu dan sistematis untuk mencapai tujuan tertentu. ((mustafa azhar, 2012)

2.    Pengertian informasi menurut para ahli
-       “Informasi diartikan sebagai data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya” . (Jogiyanto,2005; 8).
-       Informasi adalah data yang telah diolah menjadi bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ini atau mendatang (davis)
-       Informasi adalah data yang telah dirposes/diolah ke dalam bentuk yang sangat berarti untuk penerimanya dan merupakan nilai yang sesungguhnya atau dipahami dalam tindakan atau keputusan yang sekarang atau nantinya (Gordon B Davis)
-       Informasi adalah penerangan, keterangan, pemberitahuan, kabar atau berita. Informasi juga merupakan keterangan atau bahan nyata yang dapat dijadikan dasar kajian analisis atau kesimpulan (Anton M. Moeliono)

Kesimpulan :
Dari beberapa literatur menurut saya informasi adalah kumpulan dari beberapa data yang telah diolah dan diproses sehingga memiliki makna yang dapat diperoleh dan dimengerti sebagai referensi dalam melakukan analisis terhadap suatu hal. (mustafa azhar, 2012)


3.    Pengertian Manajemen menurut para ahli
-       Managemen dapat didefinisikan sebagai kemampuan atau keterampilan untuk memperoleh suatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui oranglain. (Sondang P Siagian).
-       Manajemen adalah proses dan kegiatan pelaksanaan usaha memimpin dan menunjukkan arah penyelenggaraan tugas suatu organisasi di dalam mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan. (Menurut Ordway Tead yang disadur oleh Drs. HE. Rosyidi dalam buku “Organisasi dan Management )
-       Manajemen merupakan suatu proses khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya. (Menurut  R. Terry)
-       Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber-sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang ditetapkan. (Menurut James A.F. Stonner)

Kesimpulan :
Dari beberapa literatur menurut saya Manajemen adalah Suatu proses mendayagunakan segala sumberdaya yang ada dalam hal ini (perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan)untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. (mustafa azhar, 2012)


4.    Pengertian Sistem Informasi Manajemen menurut para ahli
-       SIM adalah pengembagan dan penggunaan sistem-sistem informasi yang efektif dalam organisasi-organisasi (Kroenke, David, 1989)
-       SIM didefinisikan sebagai suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai yang mempunyai kebutuhan yang serupa. Informasi menjelaskan perusahaan atau salah satu sistem utamanya mengenai apa yang telah terjadi di masa lalu, apa yang sedang terjadi sekarang dan apa yang mungkin terjadi di masa depan. Informasi tersebut tersedia dalam bentuk laporan periodik, laporan khusus dan output dari simulasi matematika. Informasi digunakan oleh pengelola maupun staf lainnya pada saat mereka membuat keputusan untuk memecahkan masalah (Mc. Leod, 1995)
-       SIM merupakan metode formal yang menyediakan informasi yang akurat dan tepat waktu kepada manajemen untuk mempermudah proses pengambilan keputusan dan membuat organisasi dapat melakukan fungsi perencanaan , operasi secara efektif dan pengendalian (Stoner, 1996)

Kesimpulan :
Dari beberapa literatur menurut saya Sistem Informasi Manajemen adalah Suatu system yang berbasis teknologi dalam hal ini pemanfaatan media computer dll dalam melakukan analisa terhadap semua bentuk informasi dalam suatu organisasi yang memberikan kemudahan dalam pemecahan masalah dan pengambilan keputusan. (mustafa azhar, 2012)

Sumber-sumber
1.    Internet
2.    Buku
-       Filsafat Administrasi ( Sondang P Siagian )

0 komentar to “MK Sistem Informasi Manajemen ”

Posting Komentar