Kamis, 26 Maret 2015

Bangkitlah gerakan dan lembaga mahasiswa Sospol Unhas

,
Pembicaraan mengenai gerakan mahasiswa dari masa ke masa seakan tidak pernah ada habisnya, menjadi candu yang selalu menarik untuk diperbincangkan. Tapi semoga perbincangan itu selalu melahirkan solusi yang sifatnya solutif. Mahasiswa sebagai aktor Kepemudaan telah mengukirkan sejarah manis dalam perjalanan bangsa Indonesia. Tentu saja sampai hari ini, sejarah itu masih selalu menjadi penghias dalam setiap materi-materi kelembagaan khususnya yang terkait dengan gerak-gerak kemahasiswaan.
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik adalah salah satu Fakultas yang ada di Universitas Hasanuddin, tentunya Label Sosial Politik dapat menggambarkan bagaimana aktivitas keilmuan ataupun rumpun keilmuan yang dipelajari dalam Fakultas Tersebut. Mahasiswa sebagai salah satu Aktor penting penentu berkualitasnya ruang tersebut tentunya memiliki tanggung jawab dan beban berat untuk membuktikan seberapa berkualitas Sospol dalam mengkaji dan melahirkan solusi akan permasalahan sosial politik di kampus, daerah, bangsa, bahkan dunia lalu bergerak untuk menjadi solusi akan permasalahan yang telah ditemukan melalui kajian-kajian di ranah kelembagaan.
Menurut hemat penulis dan pengamatan selama berstatus mahasiswa, bahwa ada begitu banyak ideologi yang berputar di internal mahasiswa itu sendiri. Ada yang berpaham Liberal, Islam Radikal, Sosialis, Pancasilais, bahkan ada yang menentang keberadaan agama. Hingga ketika kita bertanya, Ideologi mahasiswa sebenanarnya apa, pasti akan menimbulkan kebingungan yang akhirnya hanya akan menjawab bahwa mahasiswa hanya ingin menegakkan keadilan dan kebenaran.
Gerakan mahasiswa sebagai sebuah stimulan untuk mempengaruhi sebuah kebijakan ataupun untuk menegakkan keadilan dan kebenaran yang selalu diagung-agungkan, layaknya membutuhkan sebuah ruang untuk lebih memaksimalkan gerakan yang kita ingin bangun bersama. Agar Kumpulan-kumpulan dari mahasiswa tersebut tidak bergerak atas ego pribadi yang terkadang terlalu cepat merasa puas dengan kemapanan yang mereka rasakan selama berproses di lembaga mahasiswa.
Sospol sebagai salah satu bagian administratif dari Universitas tentunya membutuhkan wadah untuk bergerak secara bersama untuk pencapaian tujuan tersebut. Berbagai fenomena pun setiap harinya terjadi di sekitar kita, Mulai dari Isu internal kampus, daerah, nasional, bahkan internasional. Gerakan kreatif, untuk mengejewantahkan setiap kritikan menjadi sebuah solusi adalah hal mutlak yang harus dilakukan. Individu-individu yang merasa aktif dalam lembaga mahasiswa, sebaiknya mulai merefleksi diri dan berhenti merasa menjadi pribadi yang superior dibanding yang lain karena bukankah kita akan lebih hebat jika bersatu dalam bergerak. Buanglah mimpi untuk Indonesia yang lebih baik atau untuk melawan kedzaliman, jika kita yang hanya tai kuku dari sebuah sistem belum bisa konsisten merapatkan barisan.
Ataukah benar adanya jikalau lembaga mahasiswa hanyalah lembaga untuk membangun kekeluargaan di Internal Anggota dan mengesampingkan bahwa mereka yang berada di luar adalah saudara kita dalam hal kemanusiaan. Mari kita bertanya pada rumput yang bergoyang.


Makassar, 26 Maret 2015
Perdos Unhas Tamalanrea Blok R/43

0 komentar to “Bangkitlah gerakan dan lembaga mahasiswa Sospol Unhas”

Posting Komentar